psikologi sains

wacana saling bertukar pikiran dan berbagi ilmu

Wednesday, January 4, 2012

Tes Pemahaman Diri


Mengenal diri dan tidak salah tentang citra diri sangat membantu bagi setiap orang yang ingin bekerja sama dengan orang lain”  demikian orang Bijak berpendapat.
Mungkin anda juga sependapat dengan hal tersebut diatas bukan ? 
Pilihlah satu jawaban dari setiap pasangan pernyataan-pernyataan di bawah ini, yang Anda rasakan sesuai dengan keadaan diri Anda !
(Nomor 1 dan 2 adalah berpasangan, 3 dan 4 demikian juga, dan seterusnya)

Pilih secara spontan, karena dalam pilihan ini tidak ada salah ataupun benar, manapun pilihan Anda !



LANGKAH PERTAMA

Lingkarilah nomor-nomor yang merupakan pilihan Anda !

  1. Bagi saya yang penting adalah “bertindak”
  2. Saya selalu berusaha memecahkan persoalan dengan cara yang sistematis
  3. Saya yakin bahwa kerja dalam tim adalah lebih efektif dibandingkan dengan kerja secara individu
  4. Saya sangat senang terhadap setiap usaha pembaharuan (inovasi)
  5. Saya lebih senang berorientasi ke masa depan dari pada masa lalu
  6. Saya senang bekerja dengan orang lain
  7. Saya senang bila menghadiri pertemuan (rapat) kelompok yang terorganisasi dengan rapi
  8. Bagi saya kepastian kapan batas waktu sesuatu pekerjaan harus selesai adalah penting sekali
  9. Saya tidak senang terhadap penundan pekerjaan
  10. Saya percaya bahwa ide baru harus diuji terlebih dahulu sebelum diterapkan
  11. Saya senang terhadap stimulai (rangsangan, dorongan) yang berasal dari interaksi dengan orang lain
  12. Saya selalu mencari kemungkinan-kemungkinan baru dalam menghadapi suatu persoalan
  13. Saya ingin menentukan tujuan saya sendiri
  14. Bila saya mulai dengan suatu usaha, saya tidak akan berhenti sebelum segala sesuatunya selesai secara tuntas
  15. Pada dasarnya saya selalu mencoba untuk memahami emosi dan perasaan orang lain
  16. Saya senang mengukur kemampuan diri dengan “mengadu kebolehan” dengan orang-orang di sekeliling saya
  17. Saya selalu ingin memperoleh tanggapan (feed back) dari hasil kerja yang saya perbuat
  18. Saya berkesimpulan bahwa pendekatan langkah demi langkah dalam pemecahan masalah adalah efektif
  19. Saya yakin bahwa saya dapat membaca pikiran dan perasaan orang lain
  20. Saya sangat senang dengan pemecahan masalah yang dikerjakan secara efektif
  21. Saya selalu membuat proyeksi-proyeksi dari persoalan-persoalan yang saya hadapi
  22. Saya adalah orang yang peka dengan apa yang dibutuhkan orang lain
  23. Perencanaan adalah kunci kesuksesan
  24. Saya tidak sabar dengan hal-hal yang berkepanjangan
  25. Biasanya saya tetap tinggal tenang meskipun mendapat tekanan
  26. Saya sangat menghargai pengalaman seseorang
  27. Saya selalu berusaha mendengarkan pendapat  orang lain
  28. Banyak orang bilang bahwa saya adalah seorang yang cepat berpikir
  29. Kerja sama adalah kunci bagi keberhasilan saya
  30. Saya menggunakan pikiran dan logika saya dalam menguji berbagai alternatif pemecahan masalah
  31. Saya senang menangani beberapa pekerjaan (tugas) dalam waktu yang bersamaan
  32. Saya selalu bertanya pada diri sendiri
  33. Saya belajar dengan cara mengerjakannya
  34. Saya yakin bahwa pikiran saya lebih kuat dibandingkan dengn perasaan saya
  35. Saya biasanya dapat menduga bagaimana reaksi seseorang terhadap suatu aksi (tindakan)
  36. Saya tidak senang dengan yang detail (rinci)
  37. Analisis selalu harus mendahului setiap tindakan seseorang
  38. Saya mampu memperkirakan “dinamika” yang ada dalam suatu kelompok
  39. Saya ada kecenderungan untuk memulai suatu pekerjaan, meskipun tidak saya selesaikan pada saat itu juga
  40. Saya merasa bahwa diri saya adalah seorang yang tegas dalam mengambil keputusan
  41. Saya selalu mencari tugas-tugas yang bersifat menantang
  42. Saya selalu menggantungkan pada hasil observasi dan data yang ada
  43. Saya dapat mengutarakan perasaan saya secara terbuka
  44. Saya senang merancang proyek-proyek baru
  45. Saya sangat senang membaca
  46. Saya merasa bahwa diri saya adalah seorang “fasilitator” (pemandu kerja sama kelompok) yang baik
  47. Saya senang memusatkan pembicaraan pada satu pokok persoalan saja untuk setiap tahap pembahasan
  48. Saya senang untuk selalu berusaha mencapai apa yang saya inginkan
  49. Saya senang mempelajari tentang orang lain
  50. Pada dasarnya saya senang “variasi”
  51. Fakta selalu bisa bicara dengan sendirinya
  52. Saya menggunakan sebanyak mungkin imajinasi saya
  53. Saya tidak sabar dengan penugasan yang bersifat lama dan lambat
  54. Saya merasa bahwa pikiran saya tidak pernah berhenti
  55. Keputusan-keputusan yang penting harus dibuat secara teliti dan strategis
  56. Saya percaya sepenuhnya bahwa setiap orang saling membutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan
  57. Biasanya saya membuat keputusan tanpa berpikir terlalu banyak
  58. Emosi hanya akan menimbulkan permasalahan
  59. Saya mengharapkan agar saya disenangi oleh orang banyak
  60. Saya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat cepat
  61. Saya selalu menguji ide baru yang saya miliki kepada orang lain
  62. Saya percaya dengan pendekatan ilmiah dalam pemecahan masalah
  63. Saya senang agar setiap pekerjaan dapat diselesaikan
  64. Hubungan baik dengan pihak lain adalah  hal yang sangat penting
  65. Saya ingin menyelesaikan pekerjaan dengan segera
  66. Saya dapat menerima perbedaan-perbedaan yang terdapat pada individu-individu yang bekerja sama dengan saya
  67. Komunikasi pada dasarnya adalah tujuan akhir interaksi kita dengan orang lain
  68. Saya senang diajak untuk berbincang-bincang secara intelektual (ilmiah)
  69. Saya senang mengorganisir (mengarahkan secara teratur)
  70. Saya biasanya menikmati bila harus loncat dari satu tugas ke tugas yang lain
  71. Berbicara dan bekerja dengan orang lain adalah suatu tindakan yang kreatif
  72. Mengembangkan diri adalah suatu hal yang saya pandang penting
  73. Saya senang berbincang-bincang dalam rangka bertukar ide
  74. Saya tidak senang memboroskan waktu
  75. Saya senang mengerjakan pekerjaan yang memang benar-benar cocok dengan saya
  76. Saya banyak belajar melalui interaksi dengan orang lain
  77. Saya menganggap berkhayal adalah menyenangkan dan ada nikmatnya
  78. Saya bisa sabar dengan persoalan yang bersifat detail
  79. Saya senang dengan pernyataan yang singkat (to the point)
  80. Saya merasa yakin pada kemampuan diri sendiri

LANGKAH KEDUA


Setelah Anda selesai dengan pilihan-pilihan Anda, teruskan kerja Anda dengan memindahkan lingkaran-lingkaran yang Anda buat pada nomor-nomor pilihan ke dalam pengelompokan di bawah ini, dan selanjutnya jumlahkan lingkaran-lingkaran tersebut untuk masing-masing pengelompokan ( Kelompok 1 ,  2 ,  3  dan  4 )

1    : 1-8-9-13-17-24-26-31-33-40-41-48-50-53-57-63-65-70-74-79           =  ………..

2    : 2-7-10-14-18-23-25-30-34-37-42-47-51-55-58-62-66-69-75-78         =  ………..

3    : 3-6-11-15-19-22-27-29-35-38-43-46-49-56-59-64-67-71-76-80         =  ………..

4    : 4-5-12-16-20-21-28-32-36-39-44-45-52-54-60-61-68-72-73-77         =  ………..

( Perhatikan, jumlah lingkaran paling banyak untuk satu kelompok adalah 20 dan jumlah lingkaran untuk keempat kelompok tidak akan lebih dari 40 ).

  1. Bila anda memiliki angka terbesar pada kelompok 1, berarti anda termasuk orang yang sangat berorientasi pada “Tindakan” atau “Action” dan sangat senang menyelesaikan pekerjaan
  2. Bila anda memilki angka terbesar pada Kelompok 2, berarti anda termasuk orang yg sangat berorientasi pada “prosedur” tata cara ataupun proses.
  3. Bila anda memilki angka terbesar pada kelompok 3, berarti anda termasuk orang yg sangat berorientasi pada “Manusiawi ” atau orang yg memperhatikan aspek manusia lebih dari yg lain.
  4. Bila anda memilki angka terbesar pada kelompok 4 berarti anda termasuk orang yg sangat berorientasi pada “konsep”atau ide

4 comments:

Unknown said...

mbulet

Dwi Atmaja, M.Psi said...

lingkari salah satu dari pilihan warna merah dan hitam. setelah selesai cocokan dengan langkah kedua, apa saja yang u lingkari tersebut (kembali lingkari pilihan pada nomer-nomer pada langkah kedua. dari empat opsi pilihan pada langkah kedua, yang paling banyak (bagian 1,2,3 dan 4) itu-lah yang menggambarkan siapa dirimu

d'farist said...

bisa jd keempatnya pd kondisi dan situasi tertentu..tak hrs sll mjd pribadi yg kaku tho pak...??...

Dwi Atmaja, M.Psi said...

thank bwt masukanx yah